Pemicu Pipa Air Bocor dan Langkah Menanganinya

Siapa yang tidak kecewa jika pipa dalam tempat tinggalnya mengalami kebocoran. Selain membuat pemborosan air, yang harus dibayar juga bisa membengkak. Sebuah penelitian memperlihatkan jika satu rumah dapat kehilangan air sekitar 7,6 m3—76 m3 tiap tahunnya karena kebocoran pipa. Maknanya, satu rumah harus bayar Rp500 ribu tiap tahunnya.

Faktor Pemicu Pipa Air Bocor

Ada faktor-faktor yang mengakibatkan pipa bocor. Apa factor-faktornya? Yok, cari info dari keterangan berikut ini!

1. Penyumbatan

Pemicu pertama ialah permasalahan penyumbatan. Kasus ini biasanya terjadi pada air bertekanan tinggi hingga berpengaruh pada perpecahan pipa. Makin lama, pipa aliran air akan alami kebocoran. Oleh karena itu, penting untuk jamin jika tidak ada penyumbatan pada aliran air di tempat tinggal Anda.

Seharusnya menjauhi buang beberapa benda padat ke aliran air. Benda semacam itu lebih riskan menutup sisi dalam pipa. Disamping itu, kerjakan pembersihan dengan teratur, baik ditangani sendiri atau memercayakan kontribusi professional.

2. Penekanan air

Perlu siaga saat merasakan penekanan air yang tinggi di dalam rumah Anda. Makin tinggi penekanan air karena itu makin beresiko juga dalam mengakibatkan perpecahan pada pipa aliran. Ringkasannya, penekanan air pada tiap tempat tinggal harus ditata dalam standard normal.

3. Proses korosi

Apa saja tipe pipa yang dipakai, tentunya mempunyai periode gunakan dan tidak bertahan selama-lamanya. Khususnya saat pipa alami korosi sesudah digunakan sampai sekian tahun. Proses korosi tidak dapat terdeteksi secara mudah. Pengikisan terjadi dengan bertahap dan makin lama membuat lubang pada pipa.

Tidak cuma dipacu umur, kandungan senyawa kimia di air pantas dicurigai. Tingkat keasaman dan mineral yang tidak imbang akan mengakibatkan pipa cepat tergerus atau berkarat.

4. Tipe pipa

Ada beberapa tipe pipa yang tersebar di pasar. Tetapi, pilih yang sama sesuai keperluan tidak dapat dipandang mudah. Seharusnya tidak boleh membeli pipa yang dibandrol pada harga yang terlampau murah jika ditempatkan dibalik dinding.

Jika instalasi pipa ada di luar tembok, tidak jadi masalah beli yang harga dapat dijangkau. Itu karena pipa bisa disaksikan langsung oleh mata dan dapat secara mudah diketahui bila terjadi kebocoran.

5. Perubahan status pipa

Pipa bocor dapat dikuasai oleh perubahan status karena erosi, banjir, gempa bumi, atau dasar yang tidak kokoh. Saat sebelum betul-betul bocor, umumnya akan diketemukan permasalahan seperti penekanan air yang rendah, bunyi saluran air dari balik dinding rumah, dan warna saluran air yang memperkeruh.

6. Instalasi yang jelek

Penempatan pipa air tidak bisa dilaksanakan secara asal-asalan. Anda perlu memberikannya pada tenaga yang professional dan tepercaya. Bila terpasang secara sembarangan dan salah penghitungan, kebocoran tidak lagi dapat dipungkuri. Tetapi, jika Anda bukan pemilik asli dari rumah yang dihuni, pakai service professional untuk memeriksa kelaikan pipa atau menghitung kekuatan kebocoran.

7. Kualitas plester tembok

Permasalahan ini relatif biasa terjadi di beberapa bangunan. Jika kualitas plester temboknya rendah atau tekan pipa terlampau keras, tidaklah heran jika satu saat pipa alami kebocoran. Penekanan plester yang kuat akan membuat pipa rengat, bahkan juga dapat sampai pecah.

Langkah Menangani Pipa Air Bocor

Sesudah Anda ketahui beberapa hal apa yang bisa mengakibatkan kebocoran pada pipa air rumah Anda, waktunya Anda ketahui bagaimanakah cara untuk menanganinya. Berikut cara-cara yang dapat Anda aplikasikan.

1. Analisis Sumber Kebocoran

Saat sebelum Anda mulai bisa membenahi, Anda tentu saja harus bisa tentukan di mana kebocoran terjadi. Salah satunya langkah yang paling efisien dengan dengarkan suara tetes air. Supaya lebih optimal, matikan perlengkapan yang memakai air seperti keran, penyiram toilet, dan yang lain.

Lalu, Anda dapat mengecilkan peluang lokasi kebocoran dengan dengarkan suara dari dalam dinding. Bila ada suara tetes dari dalam dinding, karena itu dapat ditegaskan jika kebocoran terjadi dalam dinding. Bila tidak di dinding, karena itu lokasi peluang kebocoran terjadi selanjutnya ialah lantai

2. Pembaruan Pipa Bocor

Sesudah mendapati pipa yang bocor, karena itu Anda mempunyai dua jalan keluar untuk menanganinya: menambalnya atau menukar pipanya. Anda bisa lakukan penambalan bila kerusakan atau kebocoran tidak besar.

Tapi, Anda pasti sadar jika penambalan hanya jalan keluar sebentar. Kemampuan tambalan Anda pun bergantung berapa mengusai Anda memasangkannya. Maka dari itu, benar-benar direferensikan untuk selekasnya menukar pipa yang bocor sama yang baru selekasnya mungkin.

Saat memasangkan pipa baru, Anda dapat memakai perekat pipa anti bocor untuk menahan kebocoran terjadi pada pipa yang baru.

Demikian info tentang beberapa faktor pemicu kebocoran pipa yang harus Anda kenali dan langkah menanganinya. Tak perlu kuatir jika anda ragu dan terlalu sibuk untuk melakukannya  maka anda bisa meminta tukang pipa air professional untuk memperbaikinya