Haruskah memilih dan memilah susu formula bagi anak? Berikut Alasan dan Tipsnya!

 

Pemberian susu formula pada bayi bukanlah hal yang di anjurkan, terutama pada bayi yang belum minganjak usia 7 bulan ke atas. Namun hal tersebut boleh dilakukan jika memang ASI yang diberikan oleh bunda kepada anak kurang.

Sebagian dari bunda tentu ada yang mengalami ketidaklancaran pada ASI. Dengan ASI yang tidak lancar, maka sang bayi juga akan kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, hal utama yang harus dilakukan adalah memberikannya susu formula.

Karena penggunaan susu formula adalah untuk mengganti nutrisi dari ASI yang kurang, maka kita juga harus memilih dan memilah susu mana yang cocok dengan anak kita. Oleh karena itu, hal-hal dibawah ini perlu bunda cermati dalam memilih susu formula yang baik bagi anak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu formula bagi anak

berikut di bawah ini adalah hal-hal yang perlu bunda ketahui sebelum memilih susu formula yang tepat bagi si kecil.

  1. Melihat kondisi si kecil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek kondisi kesehatan si kecil. Bila si kecil mengalami gangguan khusus, maka susu yang dipilihnya juga khusus. Sebagai contoh, jika si kecil memiliki masalah pada berat badan yang kurang, maka susu yang dipilih harus yang mengandung kalori dan mineral ekstra demi terpenuhnya ntrisi pada tubuh.

Karena pemilihan susu yang tidak boleh sembarangan, maka bunda harus mengkonsultsikan hal tersebut dengan dokter langganan yang sudah terpercaya. Lebih-lebih jika bisa konsultasi langsung dengan dokter anak atau dokter gizi.

 

  1. Perhatikan jenis susu formula yang akan kita pilih

Adanya berbagai jenis susu formula, tentu memiliki kandungan yang berbeda-beda pula. Jenis kandungan pada susu formula biasanya seperti protein jenis whey dan cassein. Susu formula jenis whey adalah jenis susu yang mudah dicerna. Oleh karen itu, jenis susu ini sangat cocok untuk anak usia dibawah 1 tahun.

Untuk anak usia 0-6 bulan bisa menggunakan susu morinaga BMT sebagai pengganti atau pendamping asi. Namun penggunaan semua harus tepat sesuai dengan anjuran pemakaian.

 

  1. Sesuaikan dengan usia si kecil

Karena pada setia komposisi susu formula berbeda-beda disetiap tahapannya, maka bunda juga harus menyesuaikan susu yang dikonsumsi si kecil sesuai dengan usia mereka. Komposisi nutrisi, vitamin dan mineral yang terandung dalam susu formula khusus untuk anak usia 0-6 bulan, berbeda dengan usia selanjutnya. Maka dari itu, bunda juga perlu waspada mengenai hal ini, jangan sampai salah beli dan memilih.

 

  1. Memperhatikan kandungan susu

Dari berbagai macam susu formula, tentu memiliki beberapa komposisi yang sama, seperti kandungan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Beberapa kandungan tersebut, ada disetiap kandungan susu formula.

 

Namun ada juga kandungan pendukung lain yang tidak kalah penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak, seperti asama arakidonat (ARA) dan docosahexaenoic (DHA). Senyawa ini sangat diperlukan bagi tumbuh kembang anak dalam hal perkembangan otak, mata, dan sistem saraf.

 

Selai itu, kandungan lain yang harus diperhatikan adalah adanya prebiotik seperti FOS dan GOS yang bermanfaat dalam perkembangan bakteri baik pada sistem pencernaan si kecil, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Mempertimbangkan jenis susu

Susu formula anak, terbuat dari berbagai macam jenis, seperti dari susu sapi, susu kambing, bahkan dari sayuran. Kadang si kecil alergi dengan alah satu jenis susu di atas, oleh karena itu, bunda juga harus waspada jika sudah ada tanda-tanda alergi, maka segera ganti susu atau konsultasi kepada dokter andalan.